Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Pabrik Minyak Makan Merah Di Sekadau Dibangun, Petani Sawit Akan Terbantu

Peletakan batu pertama pabrik minyak kelapa sawit dan minyak makan goreng merah oleh Deputi Perekonomian dan UKM RI Ahmad Zabadi di Desa Gonis Tekam.


Sekadau, wartakalbarterkini.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI melalui Deputi Bidang Perkoperasian dan UKM RI  Ahmad Zabadi laksanakan peletakan batu pertama pembangunan pabrik kelapa sawit dan minyak makan merah milik KUD APKS Keling Kumang, di Desa Gonis Tekam Kabupaten Sekadau Kalimantan Barat. Sabtu 5 Oktober 2024.. 


Peletakan batu pertama pabrik kelapa sawit dan minyak goreng merah diatas lahan seluas 4 ha nantinya bisa membantu dan memberi perubahan petani sawit di Sekadau karena mulai buah panen dari kebun sampai distribusi ke pasaran bisa dilakukan.


Menteri Koperasi dan UKM, melalui Deputi, menegaskan pabrik minyak makan merah ini sangat membantu petani sawit  dampak positif kepada petani setempat mengingat .pasar sangat terbuka. Minyak goreng terintegrasi karena didahului pembangunan pabrik kelapa sawit yang nanti akan menyediakan  bahan baku untuk diproduksi menjadi minyak goreng.


"Perlu kami tegaskan bahwa pabrik minyak makan goreng merah hanya bisa dikelola oleh badan usaha koperasi, badan usaha sekala besar tidak boleh jadi petani sawit kita sangat diuntungkan" jelas Deputi Perkoperasian UKM RI .


Minyak makan goreng merah diterangkannya,  berdasarkan penelitian BPOM telah memenuhi standard . Nantinya pabrik ini kalau sudah beroperasi sudah dapat rekomendasi dati BSN dan izin edar dari BPOM


Hilirisasi sawit berbasis koperasi akan mendapat nilai tambah turunan dari produk sawit seperti, sabun, suplemen pengembangan dari sawit. Ini yang bisa membeti nilai tambah bagi petani sawit.


Dengan beroperasinya pabrik minyak makan goreng  merah ini Deputi Perkoperasian UKM RI berharap kesejahteraan petani sawit meningkat dan petani bisa menjadi bagian dari produksi karena petani penyedia bahan baku[jr)

Tinggalkan Komentar

Back Next