Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Pemerintah Desa Ensalang Adakan Rembuk Stunting, Pencegahan dan Penurunan Jadi Target

Rembuk Stunting Desa Ensalang.Kec Sekadau Hilir. Kab. Sekadau. Kalbar.


Sekadau, Pemerintah Desa Ensalang memberikan perhatian penuh untuk penanganan Stunting, pencegahan dan penurunan stunting menjadi pembahasan saat diadakan Rembuk Stunting. Selasa[10/9/2024] di Abo Cafe Jalan Lintas Sanggau- Sekadau.


Kepala Desa Ensalang Kristoforus Selamet Suryadi  mengatakan Rembuk Stunting salah satu upaya pihaknya menyatukan secara  bersama-sama semua fihak memberikan sumbang sih penanganan Stunting.


"Rembuk Stunting  nantinya bisa tercetus dari semua fihak bagaimana kita menekan supaya tidak timbul stunting" ucapnya 


Kepala desa berharapa Rembuk Stunting ini bisa memunculkan ide-ide  bagaimana upaya bersama mencegah stunting. Kepada peserta dari Kader Posyandu, TPPS desa supaya bisa berbagi pengalaman kepada narasumber serta kendala yang dialami saat penanganan kasus stunting.


Rembuk Stunting yang diadakan Desa Ensalang diapresiasi Camat Sekadau Hilir melalui Kasi Kesra Agung menyampaikan jajaran pemerintah desa perlu rembuk dalam upaya penanganan dan pencegahan stunting."Kita berharap rembuk di desa lain bisa berjalan sehingga Kecamatan Sekadau Hilir stunting bisa berkurang" ujarnya.


Kasus Stunting tahun 2024 dari ekspose Puskesmas Kecamatan Sekadau Hilir  yang disampaikan Nur Abidin menunjukkan data trend penurunan hingga akhir Juli 2024. Hal ini diapresiasinya dan tidak lepas dari peran semua pihak yang tergabung dalam TPPS Desa.


Ia juga berharap penurunan stunting ini bisa terus dipertahankan lewat rembuk kali ini bisa timbul beberapa hal yang jadi usulan masing-masing fihak dalam rangka menuju desa bebas Stunting.


"Juni 2024 tercatat ada 32 kasus stunting di Desa Ensalang namun akhir Juli mengalami penurunan signifikan berkurang 20. Untuk bulan Agustus data belum selesai di up date" ucapnya .


Rembuk Stunting ini diisi dengan pemaparan narasumber dari BKKBN, Kecamatan, Pendamping desa dan Bhabinsa..[jr]

Tinggalkan Komentar

Back Next