Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Bawaslu Sekadau Adakan Rapat Koordinasi Pengawasan Bersama Stakeholder, Peserta Komitmen Ciptakan Pilkada Damai

Komitmen bersama wujudkan pilkada damai di Kabupaten Sekadau 2024


Sekadau, Stakeholder  dan masyarakat Sekadau  berkomitmen mewujudkan Pemilihan Kepala Daerah Bupati/Wakil bupati tahun 2024  berjalan damai dan kondusif yang akan digelar tanggal 27 November 2024 . Bawaslu Sekadau bersama Stakeholder  menandatangani komitmen bersama.


Komitmen ini disampaikan dengan membacakan dan menandatangani komitmen bersama  pada Rapat Koordinasi Pengawasan Bersama Stakeholder yang  inisiasi oleh Badan Pengawas Pemilu [ Bawaslu] Kabupaten Sekadau. Sabtu[7/9/2024] bertempat di Vinca Borneo Hotel. Acara dihadiri Wakapolres Sekadau, Petwira Penghubung Dandim 1204/Sanggau, Kesbangpol, KPU, Bawaslu, MABM, MABT, Paguyuban Jawa, Paguyuban Sunda, Paguyuban Flobamora, pemilih pemula.


Pembacaan dan penandatanganan komitmen bersama yang dilaksanakan ditengah berjalannya proses tahapan Pilkada dimaksud untuk menyatukan komitmen bersama menjaga kondusifitas dan keamanan di Kabupaten Sekadau.


Ketua Bawaslu Sekadau Marikun, S. Sos disela kegiatan mengatakan diadakannya kegiatan agar semua stakeholder mengetahui pelaksanaan tahapan pilkada dan pengawasan yang sudah dilakukan. Pengawasan yang sudah dijalankan sesuai dengan tahapan pilkada.


"Jenjang dan tahapan pengawasan oleh Bawaslu sudah kita paparkan,  kepada Stakeholder bilamana menemukan hal-hal diluar ketentuan berkaitan proses pilkada supaya menyampaikan ke Bawaslu dengan langkah ini peran semua pihak turut menciptakan pilkada damai" ujarnya.


Bawaslu berharap tahapan pilkada di Sekadau bisa berjalan aman dan lancar dengan peran Stakeholder dan masyarakat.


Senada dengan Bawaslu, Muhamdi mewakili Paguyuban Jawa Sekadau mengapresiasi upaya yang sudah dilakukan Bawaslu dalam upaya menciptakan Pilkada Damai di Bumi Lawang Kuari dengan mengundang Stakeholder . Pihaknya siap melakukan sosialisasi atas komitmen yang sudah ditanda tangani bersama Stakeholder hari ini.


"Butir-butir komitmen yang kita ucapkan dan teken bersama ini akan segera kita sosialisasi kepada Paguyuban Jawa di Kabupaten Sekadau kita berkomitmen ciptakan Pilkada Damai tahun 2024 di Sekadau" ucap Muhamdi.


Pada kesempatan sama mewakili MABM Sekadau. H Salim mengajak semua Stakeholder yang hadir dan menandatangani komitmen bersama benar-benar bisa menciptakan Pilkada Damai tahun 2024.


"Mari kita ciptakan pilkada damai bersama-sama menjaga situasi kondusif saat ini"ujarnya.


Adapun 5 point yang menjadi komitmen Stakeholder dan Masyarakat Sekadau dalam upaya mendukung pilkada damai tersebut adalah.

1.Mewujudkan Pilkada 2024 yang Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil.

2. Mewujudkan situasi kondusif, damai dalam penyelenggaraan Pilkada 2024 di Kabupaten Sekadau.

3. Menjunjung tinggi rasa persaudaraan, persatuan, dan kesatuan, di Kabupaten Sekadau

4. Menolak segala bentuk tindakan yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan seperti politik uang, Politisasi SARA, dan Berita Hoax.

5. Mendukung penegakan hukum yang berlaku dalam penyelenggaraan Pilkada 2024 di Kabupaten Sekadau.

Tinggalkan Komentar

Back Next