Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Profile Desa Sungai Kunyit Miliki Potensi Perkebunan

Pusat pemerintahan Desa Sungai Kjnyit, Jl. Sanggau - Sekadau


Sekadau, wartakalbarterkini.com,-  Desa Sungai Kunyit salah satu desa di Kabupaten Sekadau memiliki luas wilayah 4276 Ha. Desa yang berada di wilayah Kecamatan Sekadau Hilir ini memiliki komoditad unggulan sesuai luas tanam adalah perkebunan Kelapa Sawit.


Desa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Sanggau ini mayoritas warga mengandalkan matapencaharian sektor pertanian maupun perkebunan karena ditopang luas area perkebunan mencapai 1250 Ha.


Sebanyak 632 orang menggantungkan hidup pada sektor pertanian maupun perkebunan, sektor lain PNS 21 orang, TNI/Polri 3 orang, swasta 336 orang sehingga jumlah karyawan tercatat 360 orang.


Selain itu, Desa Sungai Kunyit juga menyimpan potensi  sektor pertanian karena tersedianya lahan disejumlah lokasi yang dimanfaatkan untuk tanaman pangan  hortikultura dan tanaman padi sebagai penopang kebutuhan pokok setiap rumah tangga. Terdapat lahan sawah 110 Ha mayoritas berstruktur lahan datar dengan kondisi seperti ini sangat cocok untuk tanaman padi unggul.


Ditengah gempuran dan booming tanaman kelapa sawit desa ini masih memiliki luas lahan hutan 2000 ha yang tetsebar disekitar desa dan 4 dusun lainnya , hutan ini menjadi penopang dan sumber kehidupan bagi warga . 


Kepala Keluarga Desa Sungai Kunyit tercatat 588 KK terbahi dalam Keluarga Pra  Sejahtera, Keluarga Sejahtera I, Keluarga Sejahtera II, Keluarga Sejahtera III, dan Keluarga Sejahtera  III Plus.[jr]

Tinggalkan Komentar

Back Next