Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Pemerintah Desa Ensalang Laksanakan Musrenbang, Tampung Sejumlah Usulan Rencana Pembangunan 2025.

Musrenbang Desa Ensalang dihadiri Sekretaris Camat Sekadau Hilir menerima dokumen usulan desa dari Kades Ensalang.


Sekadau, wartakalbarterkini.com - Pemerintah Desa Ensalang Kecamatan Sekadau. Hilir laksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa [ Musrenbang  Desa ]. Kegiatan ini dalam rangka menyusun progran kerja  desa tahun 2025 mendatang. Sejumlah pihak terkait hadir mengikuti di Cafe Abo Jl. Sanggau-Sekadau. Senin[29/7/2024].


Desa dengan tiga dusun Ensalang, Ensali dan Sukadamai lewat Kepala Dusun masing-masing serta tokoh pemuda menyampaikan gagasan rencana pembangunan nantinya supaya bisa diakomodir di APBDes Tahun 2025. Secara garis besar peserta antusias menyampaikan usulan dan uneg-uneg ke narasumber baik dari Kecamatan, Desa, Pendamping Desa.


"Kami warga Dusun Sukadamai mengusulkan perbaikan infrastruktur  jalan dari dan menuju pusat Desa Ensalang  kurang lebih 2 km dimana saat musim hujan betdampak kepada anak-anak sekolah kerap jadi kendala, selain itu sejumlah jalan rabat beton perlu dianggarkan tahun 2025 mendatang" ucap Kepala Dusun Sukadamai Fardi.


Hal senada usulan dari Dusun Ensalang notabene pusat pemerintahan desa menurut Nataliu selaku kadus sejumlah bidang perlu perhatian pembangunan tahun 2025 mendatang.


"Pusat desa perlu memperhatikan dan menjadikan prioritas  dimana tempat penampungan sampah perlu ditambah karena yang ada saat ini tidak cukup" katanya.


Salah satu tokoh pemuda Julius meminta jajaran Pemerintah Desa memberi atensi atas sejumlah sarana di desa menurutnya perlu dibenahi karena  berkaitan dengan kemajuan pembangunan desa


Pemerintah Desa dan BPD nantinya bisa menjadikan sejumlah usulan yang mencuat di forum sebagai masukan dan pertimbangan guna menentukan program kerja tahun mendatang sesuai visi misi desa, peran aktif peserta Musrenbang jadi tolak ukur guna menampung usulan dari setiap dusun, tokoh masyarakat, tokoh pemuda .


Pemerintah Desa Ensalang tidak lupa menghadirkan DPRDnya desa yaitu Badan Permusyawaratan Desa [ BPD ] tampak Kornelius Aho selaku Ketua BPD didaulat menyampaikan dan masukan kepada peserta Musrenbang senantiasa aktif menyampaikan uneg-uneg permasalahan di masing-masing dusun.


"Lewat forum ini kami BPD ingin peserta menyampaikan apa rencana pembangunan di tempat masing-masing, ini sangat kami nanti sebagai acuan bersama pemerintah desa menyusun program pembangunan di desa tahun 2025 mendatang, sejumlah narasumber disini hadir siap memberi pandangan dan jawaban setiap pertanyaan" katanya sebagaiman dikutip dalam sambutannya.


Ia yakin Musrenbang bisa memberi solusi dengan adil ditengah berbagai keterbatasan desa, pada kesempatan ini besar harapannya  lewat musrenbang menjadi pintu masuk menyampaikan ide-ide pembangunan karena memang forum ini disediakan untuk itu.


Musrenbang yang dilaksanakan hari ini merupakan tonggak sejarah bagi Kepala Desa Ensalang  yang ke-3 Kristoforus Selamet Suryadi ini musrenbang pertama baginya pasca dirinya dilantik jadi kepala desa antar waktu di usia kepemimpinanya memasuki 8 bulan ia menaruh harapan besama lewat peran semua pihak dalam upaya memajukan desa dengan APBD yang terkecil di Kecamatan Sekadau Hilir ini.


"Ide-ide dan saran dari warga untuk kemajuan pembangunan desa  selalu kami atensi demikian juga pengawasan penggunaan APBDes perlu peran semua pihak guna tercapainya rencana pembangunan desa " ucapnya .


Saran dan masukan  dari elemen masyarakat menurutnya  merupakan bagian dari upaya menampung ide-ide demi kemajuan desa dan bentuk kebersamaan seluruh elemen membawa desa kearah lebih maju.


Dari saran dan masukan menurutnya bisa jadi cermin yang mana jadi prioritas pembangunan desa tahun 2025 mendatang walau ditengah keterbatasan APBDesa Pemerintah Desa Ensalang tetap komitmen atas usulan masing-masing dusun sesuai kemampuan keuangan desa.


Pada kesempatan sama Camat Sekadau Hilir diwakili Sekretaris Camat Yustinus memberi apresiasi kepada jajaran Pemerintah Desa Ensalang atas pelaksanaan mustenbang lebih awal, langkah ini menurutnya akan memberi ruang untuk mengakomodirv usulan rencana pembangunan desa lewat APBDes.


"Dengan lebih cepat musrenbang desa akan mempermudah penyusunan rencana pembangunan yang mana ke nasional, provinsi, kabupaten, pembangunan dengan anggaran besar diarahkan ke provinsi dan daerah" ujar Sekretaris Camat Sekadau Hilir Yistinus.

Ia berharap usulan-usulan lewat delegasi desa semuanya bermuara untuk kemajuan pembangunan desa, terlebih Desa Ensalang sudah sandang status desa mandiri bisa leluasa merencanakan pembangunan.

Tinggalkan Komentar

Back Next