Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Desa Serarras Miliki Potensi Pertanian Dan Perkebunan, Berikut Profil Singkatnya.

Kantor Desa Seraras sebagai pusat pemerintahan desa


Sekadau, wartakalbarterkini.com - Desa Seraras merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan Barat. Desa ini memiliki potensi menjadi desa mandiri yang bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain, potensi sumber daya alam hayati dan non hayati yang kaya dan tersebar di seluruh wilayah Desa Seraras.


POTENSI SUMBER DAYA ALAM


A. Batas wilayah


Desa Seraras secara administratif terletak di wilayah Kecamatan Sekadau Hilir berbatas langsung dengan sejumlah desa.

- Sebelah Utara.          : Belitang Hilir

- Sebelah Timur          : Desa Sempulau Indah

-Sebelah Selatan.       : Desa Merapi

-Sebelah Barat.           : Desa Gonis Tekam


Desa Seraras memiliki luas wilayah 38,648 Hektar. 


B.Penggunaan Lahan.


Penggunaan lahan berkaitan dengan kegiatan manusia pada bidang lahan lahan tertentu, mixalnya permukiman, perkotaan dan persawahan. Penggunaan lahan juga merupakan pemanfaatan lahan dan lingkungan alam untuk memenuhi kebutuhan manusia.


C.Pertanian


Secara keseluruhan Desa Seraras penduduknya mayoritas mata pencahariannya petani, hal ini dibuktikan dengan kepemilikan tanah dan lahan masyarakat  desa. Dimana terdapat 363 KK memiliki lahan pertanian mencakup lahan pertanian basah dan kering dimana sesuai data desa tercatat setiap keluarga kepemilikan lahannya tidak lebih dari 6 ha. Sementara luas lahan perkebunan dan karet  hampir merata di seluruh wilayah Desa Seraras.


POTENSI SUMBER DAYA MANUSIA


1.Demografi

Penduduk di Desq Seraras terbilang cukup banyak, walaupun dengan luas wilayahnya kecil berdasarkan data dari desa jumlah penduduk tahun 2023 sebanyak 1.886 jiwa . Ratio penduduk relatif berimbang yaitu 954 jiwa laki-laki, 932 jiwa wanita.


2. Pendidikan

Tingkatan pendifikan di Desa Seraras sebagai berikut.

1. Lulusan S.1                         21 

2. Lulusan Diploma/III.            7 

3. Lulusan SMA/sederajat  304

4. Lulusan SMP/seferajat.  875

5. Tidak Tamat SD                737


POTENSI KELEMBAGAAN.


Lembaga Pemerintahan di Desa Seraras berada pada tingkat desa yang terdiri dari 3 dusun. Dimana Kepala Desa selaku pimpinan tertinggi dibantu oleg Sekretaris Desa serta Kepala Urusan dan Staff.


Desa Seraras membawahi 2 Dusun  dimana setiap dusun dibawahi kepala dusun, selain itu kepala desa dibantu oleh perangkat-perangkat desa.


Demikian secara singkat profil Desa Seraras.

Tinggalkan Komentar

Back Next