Pontianak Kubu Raya Sekadau Sanggau Landak Sintang Melawi Kapuas Hulu Ketapang Bengkayang Singkawang Mempawah Sambas Kayong Utara

Balai Adat Beliung Bangkal Di Desa Sungai Kunyit Diresmikan. Pemerintah Desa Apresiasi Pemkab Sekadau

Balai Adat Beliung Bangkal di Dusun Sungai Kunyit diresmikan Bupati Sekadau Aron, S.H


Sekadau, wartakalbarterkini.com - Balai Adat Beliung Bangkirai di Dusun Sungai Kunyit Desa Sungai Kunyit diresmikan Bupati Sekadau Aron. Jumat [5/7/2024] pukul 10.00 WIB. Bangunan yang terletak di Jl. Sanggau - Sekadau akan menambah cerminan Kabupaten Sekadau dengan komitmen dalam upaya pelestarian budaya. Peresmian ditandai pembukaan tulisan papan selubung nama oleh oleh Bupati bersama Ketua TP PKK Sekadau, Kepala OPD di Pemkab Sekadau , Forkopimcam, Kepala Desa Sungai Kunyit.


"Balai adat ini merupakan wujud program Pemerintah Kabupaten Sekadau merupakan bagian untuk melestarikan adat istiadat dan budaya kelak kita wariskan kepada anak cucu"kata Bupati Aron saat mengawali sambutan.


Bupati juga mengungkapkan,  hingga memasuki tahun 2024 jajaran Pemerintah Kabupaten Sekadau sudah meresmikan 5 rumah adat tersebar di sejumlah kecamatan . 


"Salah satu wujud program Pemkab Sekadau kita berkewajiban melestaraikan adat istiadat karena rumah adat sangat diperlukan tempat berkumpul dan melestaraikan adat." Ungkapnya.


Pada kesempatan ini orang nomor satu di Sekadau ini berharap Balai Adat Beliung Bangkirai bisa difungsikan sesuai peruntukannya., ia juga berpesan supaya bangunan dirawat dan dipelihara dengan baik.


Sebelumnya, mewakili Pemerintah Desa Sungai Kunyit,  Kayus Kepala Desa Sungai Kunyit menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas perhatian Pemkab Sekadau dalam dua tahun terakhir sudah dua kali peresmian balai adat di desa yang terletak di Kecamatan Sekadau Hilir tersebut.


"Ini merupakan balai adat kedua diresmikan bupati, sebelumnya tahun 2023 balai adat di Dusun Amak sudah dua dusun memiliki balai adat di Desa Sungai Kunyit" sebut kades.


Jajaran pemerintah desa juga menitipkan sejumlah pembangunan yang butuh perhatian pemkab, kedepan ia berharap pembangunan di desa bisa berkelanjutan.


Sementara dari panitia peresmian Balai Adat Beliung Bengkirai mengungkapkan, tahun 1995 awal berdiri balai adat fan telah menjalani beberapa kali renovasi, tahun 2022 diajukan pembangunan ke Pemkab Sekadau  Tahun 2023 bulan November selesai pembangunan.[jr]

Tinggalkan Komentar

Back Next